Kamis, 03 Februari 2011

Perlukah Seorang Pengajar Mempunyai Strategi Pengajaran ?

Begitu banyak pengajar di dunia pendidikan tapi tak banyak yang mempunyai strategi dalam pengajarannya. mungkin ada yang mengira bahwa strategi dalam pengajaran itu tidak perlu atau tidaklah penting tapi sesungguhnya dengan mempunyai strategi dalam pengajaran dapat memudahkan seorang pengajar menyampaikan apa yang harus disampaikan kepada muridnya dan  muridnya pun dapat lebih cepat mengerti jika strategi yang digunakan efektif. Dari konsep strategi pengajaran adalah kebijaksanaan memilih pendekatan serta kecekapan merancang kaedah dan teknik dalam satu- satu pengajaran berdasarkan objektif pelajaran yang telah ditentukan. Jadi kaedah dan teknik yang dimiliki seorang pengajar sangat berpengaruh kepada yang diajarkan. Strategi dari pengajar adalah agar murid dapat lebi mengerti sepenuhnya apa yang diajarkan oleh pengajar dan memahami materi.
Misalnya pada pendidikan model lama murid dituntut untuk duduk manis dan hanya mendengarkan apa yang dikatakan oleh pengajarnya. Si muridpun hanya menjadi pendengar pasif dan hanya mengetahui apa yang dikatakan oleh pengajarnya dan menghafal apa yang dia dengarkan. Itu hal yang monoton sehingga muridpun merasa cenderung bosan dan sedikit kurang efektif. Kurang efektif karena murid tidak aktif dalam mencari tahu ilmu dari sumber-sumber lainnya hanya berpatokan kepada apa yang diajarkan oleh pengajar. Tapi dalam hal ini tidak sedikit juga murid yang bisa mengerti dengan strategi ini. Tapi ilmu yang didapatnya hanya dari apa yang dikatakan oleh pengajarnya.
Dan model zaman sekarang murid tidak hanya dituntut untuk duduk diam dan mendengar tetapi juga dituntut untuk lebih aktif lagi dalam mencari informasi tentang ilmu-ilmu pengetahuan. Ada juga yang lebih banyak menggunakan praktek daripada teori sehingga murid lebih mudah mengerti dan memahami apa yang diajarkan oleh pengajar. Ada pengajar yang hanya menyampaikan topik dan murid yang mencari tahu dan mendalami apa topik yang dimaksud sendiri.Tapi dalam model ini tidak sedikit murid yang menyalahgunakan kebebasan untuk lebih aktif dalam belajar karena mereka merasa sedikit bebas sehingga cenderung main-main. Sehingga diperlukan juga ketegasan dari seorang pengajar komitmen dan kesepakatan antara pengajar dan murid dalam kebebasan berekspresi di dalam ilmu pengetahuan.
Sedikit tentang strategi pengajaran. Tapi sesungguhnya strategi pengajaran itu sangat perlu dan penting adanya di dalam pengajaran agar si pengajar bisa lebih mudah menyampaikan apa yang akan diajarkan dan muridpun bisa lebih mudah dan lebih paham dengan apa yang diajarkan kepadanya. Dan supaya dalam pengajaran bisa lebih efektif lagi..




Santtrock, John W. 2008, Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, Penerbit: Kencana Prenada Media Group: Jakarta